Langganan

Pegawai Kena Covid-19, Kantor Dispendukcapil dan Kelurahan Sragen Wetan Lockdown - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tri Rahayu  - Espos.id Solopos  -  Rabu, 7 Juli 2021 - 16:22 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi lockdown. (Freepik.com)

Esposin, SRAGEN -- Dua kantor pelayanan publik yakni Dispendukcapil dan Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, terpaksa lockdown lantaran ada pegawai yang positif Covid-19. Meski lockdown, pelayanan di dua kantor itu tetap berjalan.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen Wahana Wijayanto saat dihubungi Esposin, Rabu (7/7/2021), menyampaikan lockdown itu karena ada enam pegawai yang positif Covid-19.

Advertisement

Selain itu, Wahana menyampaikan ada dua pegawai yang isolasi mandiri karena anggota keluarga mereka ada yang terpapar Covid-19 tetapi hasil tes swab belum ada laporan.

Baca Juga: Waduh! Antrean PCR di RSUD Sragen Menumpuk Sampai 700 Sampel Spesimen

Advertisement

Baca Juga: Waduh! Antrean PCR di RSUD Sragen Menumpuk Sampai 700 Sampel Spesimen

“Lockdown ini sudah kami lakukan sejak Senin hingga Jumat (5-9/7/2021) besok. Kami menutup sementara layanan administrasi kependudukan karena ada pegawai yang terpapar Covid-19. Selain itu juga adanya PPKM [pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat] darurat,” ujar Wahana.

Tak hanya kantor yang lockdown, pelayanan pandu online di Playstore milik Dispendukcapil Sragen juga berhenti sementara. Hal itu karena ada personel front office dan khususnya bagian produksi yang menangani aplikasi sedang isolasi mandiri di rumah.

Advertisement

Baca Juga: Ancam Nakes Pakai Parang, Warga Tanon Sragen Masuk Bui

Ia menerangkan warga yang mengakses aplikasi Pandu Online dari Playstore akan mendapat pemberitahuan atau notifikasi yang berisi pengumuman pelayanan Dispendukcapil tutup sementara.

Konsultasi Lewat Nomor Hotline

“Untuk pelayanan konsultasi bisa dilakukan lewat nomor-nomor hotline yang sudah disosialisasikan sebelumnya. Termasuk untuk aduan dan sebagainya. Konsultasi layanan dan tutorial di Pandu Online tetap aktif. Kami sudah membentuk tim piket, khususnya personel bagian produksi adminduk untuk mendata permohonan yang masuk tetapi belum diproses,” ujarnya.

Wahana menargetkan proses penerbitan adminduk selesai dalam waktu 1-2 hari setelah Kantor Dispendukcapil Sragen selesai lockdown. Setiap regu piket beranggotakan empat orang per hari.

Advertisement

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sragen Menurun, Bupati Beberkan Kunci Suksesnya

Dokumen yang sudah diterbitkan, lanjutnya, akan dikirim lewat pos. Ia mengatakan permohonan yang sudah terlanjur masuk sebelum lockdown tetap diproses sampai penerbitan dokumen dan pengiriman dokumen.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Sragen Wetan, Yonanto, menyampaikan kantornya lockdown atau tutup sementara pada Selasa-Sabtu (6-10/7/2021). Pelayanan kelurahan dialihkan ke Kantor Kecamatan Sragen Kota.

Advertisement

“Kebijakan lockdown itu dilakukan lantaran ada tiga orang pegawai yang positif Covid-19. Hal itu sudah kami umumkan kepada warga lewat grup Whatsapp RT dan RW serta diumumkan di kantor kelurahan. Pelayanan di kelurahan biasanya berupa adminduk, seperti KTP, KK, akta kelahiran, dan akta kematian. Sejak ada PPKM darurat pemohon sudah berkurang,” jelasnya.

Advertisement
Suharsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif