by Wahyu Prakoso - Espos.id Solopos - Rabu, 16 November 2022 - 09:04 WIB
Esposin, SOLO– Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengadakan lomba desain ulang logo Solo The Spirit of Java serta lomba desain Maskot Canthik Rojomolo dengan total hadiah Rp34 juta.
Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Siti Khotimah menjelaskan lomba tersebut bertujuan untuk branding Kota Solo sebagai upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Kami berharap banyak yang terlibat. Pasa peserta tidak dibatasi hanya penduduk Kota Solo namun boleh dari luar daerah,” kata dia, Senin (14/11/2022).
Salah satu anggota tim teknis lomba desain ulang logo Solo The Spirit of Java serta lomba desain Maskot Canthik Rojomolo Irfan Sutikno menjelaskan perlu upaya penyegaran tampilan logo Solo The Spirit of Java tanpa pengubah tagline dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Logo baru nantinya lebih adaptif terhadap perkembangan zaman sampai 15 tahun mendatang.
“Sedangkan lomba maskot merupakan bentuk pemajuan nilai-nilai budaya yang diharapkan dapat melestarikan, mengelola, mengembangkan, dan memanfaatkan potensinya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sesuai UU No.10/2010 tentang Cagar Budaya dan UU No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” jelasnya.
Menurut dia, Rajamala kerap hadir pada berbagai event di Kota Solo dengan ragam bentuk visual meskipun bersifat temporer. Rajamala hadir dengan kreatifitas dan kebutuhan masing-masing tanpa meninggalkan karakteristik aslinya.
“Rajamala dalam lomba maskot ini diwujudkan dalam bentuk yang ramah, sebagaimana karakter masyarakat Solo yang lemah lembut, andhap asor, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesetiakawanan atau kebersamaan,” ungkapnya.
Adapun Pemkot Solo menyediakan total hadiah Rp34 juta rupiah, trophy, dan piagam penghargaan dengan batas akhir pengiriman karya maksimal, Minggu (27/11/2022). Peraturan dan tata cara lomba dapat diakses melalui https://bit.ly/lombalogosolo.