by Ponco Suseno - Espos.id Solopos - Selasa, 6 April 2021 - 20:15 WIB
Esposin, KLATEN - Dua pengusaha muda asal Solo yang telah memiliki brand lokal ternama resmi berkolaborasi membikin sepatu berbahan lokal senilai Rp99.900 per pasang, Selasa (6/4/2021). Melalui produk sepatu hasil kolaborasi tersebut, duo pengusaha muda ini bertekad akan terus melawan produk impor sekaligus produk asli tapi palsu (aspal) yang marak beredar di pasaran.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Esposin, dua pengusaha muda Solo itu masing-masing Adhitya Caesarico alias Rico, 34, selaku owner brand sepatu Aerostreet dan Ryo Baskoro, 36, selaku owner Rown Division yang merintis bisnis clothing.
Baca Juga: Mewah Banget! Segini Harga Jam Tangan Gucci yang Dipakai Wali Kota Solo Gibran
Keduanya sudah saling bertemu sejak, Januari 2021. Kedua pengusaha muda asli Kota Bengawan ini sepakat berkolaborasi membikin sepatu produk lokal. Selama dua bulan terakhir, keduanya telah bertukar pikiran menentukan desain sepatu lokal.
Hasil dari pembahasan tersebut, tercetuslah membikin sepatu Armature yang didominasi warna putih. Pembuatan sepatu telah menggunakan teknologi direct injection moulding. Total sepatu yang diproduksi mencapai 5.000 pasang. Sepatu diproduksi dalam berbagai ukuran, mulai dari 36 sampai 45. Nantinya, sepatu tersebut akan dirilis di situs marketplace, Kamis (8/4/2021) pukul 12.00 WIB.
"Ini adalah konsep kali pertama saya berkolaborasi. Ini untuk mendukung produk lokal yang tak sekadar omongan. Tapi ke tindakan. Kolaborasi ini juga menjadi salah satu cara membranding produk lokal di tengah pandemi Covid-19," kata owner Aerostreet, Adhitya Caesarico alias Rico, 34, saat ditemui wartawan di Wonosari, Klaten, Selasa (6/4/2021).
Rico mengatakan antusias konsumen untuk membeli sepatu hasil kolaborasi sangat tinggi. Sepatu yang sudah diproduksi sengaja dijual dengan harga terjangkau dan dapat menyentuh seluruh kalangan masyarakat di Tanah Air.
"Sepatu ini cocok bagi cowok dan cewek. Sepatu ini harganya juga terjangkau. Peminat sepatu ini sangat tinggi. Saya prediksi, begitu dirilis tanggal 8 April 2021 nanti, 5.000 pasang itu akan habis dalam tempo 1-2 menit. Kami memang sengaja bikin hanya 5.000 pasang. Ketika permintaan pasar melampaui angka itu, kami bisa berkolaborasi lagi ke depan dengan desain baru. Kami ingin menjaga sisi ekslusivitas produk dalam hal ini," katanya.
Baca Juga: Awas! Keyless Sepeda Motor Ternyata Masih Bisa Dibobol Maling
Hal senada dijelaskan Ryo Baskoro selaku owner Rown Division. Lantaran Aerostreet dengan tagline #LokalTakGentar memiliki semangat yang sama memajukan produk lokal, Rown Division langsung menerima ajakan kolaborasi membikin sepatu produk lokal.
"Pas diajakin itu, kami langsung bilang oke. Kami pun juga sama-sama dari Solo. Melalui kolaborasi ini, kami berharap jangan sampai terjebak dengan barang-barang dari luar. Kolaborasi sepatu ini harganya memang terjangkau, semua lapisan masyarakat akan bisa merasakannya. Ini akan menjadi pemantik bagi industri lokal agar ramai-ramai membikin produk lokal [dengan berkolaborasi]," katanya.