Langganan

Berhadiah Ratusan Juta Rupiah, MIND ID Gelar Lomba Karya Jurnalistik MediaMIND - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Ahmad Kurnia Sidik  - Espos.id Solopos  -  Jumat, 23 Agustus 2024 - 11:41 WIB

ESPOS.ID - Departement Head of Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika saat menjelaskan MIND ID kepada awak media di Smart Green Learning Center Universitas Gajah Mada, Kamis (22/8/2024) siang. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik).

Esposin, SOLO- BUMN Holding industri pertambangan Indonesia, Mining Industry Indonesia (MIND ID) kembali menggelar Kompetisi Karya Jurnalistik MediaMIND 2024. Kompetisi yang mengusung tema “Merangkai Masa Depan” itu berhadiah total ratusan juta rupiah.

MIND ID berkolaborasi dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara melalui kompetisi tahunan ini memberi ruang seluas-luasnya bagi para jurnalis baik di tingkat nasional maupun daerah serta para mahasiswa untuk menulis hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan mineral dan batu bara (minerba) di Indonesia.

Advertisement

Sebagai penyelenggara perwakilan LKBN Antara, Allan Edgar menyampaikan MediaMIND 2024 ini merupakan kali ketiga digelar. Yang mana berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya terus terjadi peningkatan jumlah peserta yang mengikuti kompetisi itu.

“MediaMIND 2022 diikuti dengan masuknya 180 karya, kemudian MediaMIND 2023 karya yang masuk sebanyak 282 karya,” jelasnya saat Sosialisasi MediaMIND 2024 di Smart Green Learning Center Universitas Gajah Mada (SGLC UGM) Yogyakarta, Kamis (22/8/2024) sore.

Advertisement

“MediaMIND 2022 diikuti dengan masuknya 180 karya, kemudian MediaMIND 2023 karya yang masuk sebanyak 282 karya,” jelasnya saat Sosialisasi MediaMIND 2024 di Smart Green Learning Center Universitas Gajah Mada (SGLC UGM) Yogyakarta, Kamis (22/8/2024) sore.

Pada MediaMIND 2024, ia optimistis akan karya yang masuk bakal lebih banyak lagi, mengingat kompetisi tahun ketiga itu berbeda dengan tahun sebelumnya karena mahasiswa bisa menjadi peserta MediaMIND 2024.

Lebih lanjut, selain tema besar “Merangkai Masa Depan” juga ditetapkan adanya lima subtema yang memungkinkan peserta kompetisi bisa lebih mengeksplorasi ide, di antaranya pertama, ekonomi; kedua, industrialisasi; ketiga, lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan; keempat, tanggung jawab sosial dan lingkungan; kelima, ekosistem baterai listrik.

Advertisement

“Dengan subtema itu memungkinkan ide peserta tidak harus dari site [lokasi pertambangan]. Tapi juga bisa dari berbagai hal termasuk hasil-hasil tambang pun bisa. Kemudian, siapa narsumnya, untuk data, peserta boleh melihat di website atau kontak [mengubungi] pihak MIND ID, juga bisa tokoh, pakar, dan sebagainya yang berkaitan dengan hilirisasi dan industrialisasi, misalkan,” kata dia.

Adapun tahapan lombanya, pengumpulan karya sudah bisa dilakukan sejak 19 Agustus 2024 lalu hingga 5 November 2024, pukul 23.59 WIB mendatang. Kemudian, pra seleksi awal karya secara administrasi akan digelar pada 6-13 November 2024. Dilanjutkan dengan pra seleksi akhir pada 13-22 November 2024. Dan penilaian juri final akan digelar pada 24-29 November 2024.

“Puncaknya, Awarding MediaMIND 2024 akan dilakukan pada awal Desember 2024,” kata dia.

Advertisement

Terakhir, ia menyampaikan perihal hadiah untuk para pemenang MIND ID dengan mengacu pada besaran hadiah MediaMIND 2023 lalu, yakni total Rp300 juta.

“Saya dapat bocoran informasi, MediaMIND 2024 akan lebih besar dari yang sebelumnya,” jelas dia.

Terkait detail informasi, syarat, dan ketentuan teknis perlombaan bisa dicek di laman bit.ly/mediaMIND2024-snk. Sementara, untuk pendaftaran dan pengumpulan karya bisa melalui laman bit.ly/mediaMIND2024.

Advertisement

Dalam kesempatan yang sama, Departement Head of Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika menjelaskan apa itu MIND ID yang mana merupakan holding industri pertambangan Indonesia yang beranggotakan di antaranya PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, serta PT VALE.

Lebih lanjut, visi MIND ID sendiri ialah menjadi perusahaan sumber daya alam global terintegrasi dengan komitmen yang kuat terhadap masyarakat dan lingkungan. Dan adapun mandat yang diterima ialah kepemilikan cadangan, hilirisasi, serta kepemimpinan pasar.

“MIND ID adalah wajah Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan kaya akan talenta dari putra-putri Indonesia yang siap berkarya dan bersinergi memberikan yang terbaik bagi negeri” jelas dia.

Advertisement
Ahmad Mufid Aryono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif