Esposin, SUKOHARJO-Puluhan anak muda menginisiasi pembentukan komunitas Masyarakat Asli Sukoharjo (Mas) Bro. Mereka concern terhadap pengembangan empat aspek utama yakni ekonomi, pertanian, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan pariwisata.
Pembentukan komunitas Mas Bro diawali di wilayah Kecamatan Sukoharjo yang dihadiri sekitar 50 anak muda. Mereka sepakat ingin memberikan ide, gagasan, dan kontribusi lainnya terhadap percepatan pembangunan dengan keterlibatan anak muda. Anak muda menjadi komponen utama dan memiliki peran strategis dalam membangun daerah.
Promosi Dukung Perkembangan Industri Kreatif, BRI Gelar Kompetisi Creator Fest 2024
Ketua Mas Bro Sukoharjo Pratiknyo mengatakan setiap hajatan demokrasi, kaum muda selalu menjadi target incaran suara para kontestan. Terlebih, bonus demografi Pemilu 2024 didominasi kalangan anak muda. Sehingga, banyak kontestan pemilu mendekati kalangan milenial sebagai ceruk suara saat pelaksaan pemungutan suara.
“Kaum muda tak ingin menjadi objek politik saat pemilu. Hanya saja, belum banyak kebijakan yang berpihak langsung pada anak muda. Padahal, potensi anak muda di berbagai aspek kehidupan luar biasa,” kata dia, saat berbincang dengan Esposin, Senin (27/5/2024).
Menurut Pratiknyo, anak muda yang terlibat dalam komunitas mengalami peningkatan kesadaran sosial yang membuatnya lebih termotivasi untuk bergerak. Mereka berupaya mengaktualisasikan diri dan mengembangkan kemampuan leadership.
Ada pun empat sektor utama yang disasar komunitas Mas Bro Sukoharjo, yakni ekonomi, pertanian, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan pariwisata. “Empat sektor ini merupakan potensi yang bisa dioptimalkan di Sukoharjo. Kami akan berupaya menggandeng komunitas masyarakat lain untuk bergerak bersama memberikan kontribusi yang berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar dia.
Sebagai contoh, pendampingan bagi pelaku UMKM agar mampu memperluas pangsa pasar dan ekspansi lini bisnis. Banyak pengusaha muda sukses yang akan membagikan pengalaman dan strategi dalam membangun bisnis dari nol hingga mendapatkan keuntungan setiap bulan.
“Ada Mas Machmud [Machmud Lutfi Huzain] yang sukses menekuni bisnis mikroalga. Sekarang, beliau melebarkan lini usaha ke sektor UMKM dan pertanian. Mas Machmud bisa menjadi mentor untuk membimbing dan mendampingi para pelaku UMKM di Sukoharjo,” ujar dia.
Pengurus komunitas Mas Bro lainnya, Hakim, mengatakan rencananya kegiatan serupa bakal digelar di masing-masing kecamatan di Sukoharjo. Sebagai titik awal, pengukuhan anggota komunitas Mas Bro dilakukan di wilayah Kecamatan Sukoharjo.
Dia menegaskan komunitas Mas Bro tidak berafilisiasi dengan partai politik (parpol) atau pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan politik. “Komunitas Mas Bro tidak ada keterkaitannya dengan parpol atau pihak manapun. Ini komunitas murni berisikan kalangan milenial yang ingin menggali potensi diri untuk memberikan sumbangsih kepada pembangunan daerah,” ujar dia.