Esposin, SOLO--Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berhasil membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan subsidi gratis bagi penumpang berkebutuhan khusus bus Batik Solo Trans (BST).
Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Yulianto Nugroho menjelaskan layanan BST gratis bagi kelompok berkebutuhan khusus hanya di Kota Solo. Sementara tarif pelajar dan lansia senilai Rp2.000.
“Kemarin sesuai arahan Pak Wali kita diminta kirim surat ke Kemenhub [Kementerian Perhubungan]. Bahwasanya pelajar dan lansia pernah ditarik Rp2.000. Kemudian yang difabel supaya tetap digratiskan, makanya dari kementerian membalas surat Pak Wali sesuai yang dimaksud,” kata dia kepada Esposin, Senin (29/5/2023).
Menurut dia, subsidi untuk penumpang kalangan kelompok berkebutuhan khusus bersumber dari APBN. Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammad, belum bisa memastikan apakah Kota Solo menjadi satu-satunya kota yang menerapkan tarif gratis bagi penumpang berkebutuhan khusus dari kota-kota yang menerapkan program Buy The Service (BTS).
“Saya tidak tahu. Dari daerah yang lain seperti apa kebijakannya,” jelasnya. Terpisah, Gibran menjelaskan ingin membantu banyak warga, namun anggarannya tidak cukup. Subsidi gratis hanya bagi kalangan berkebutuhan khusus.
“Wis pokok e gitu ya, kita tuh pengennya bantu sebanyak-banyaknya warga termasuk lansia tapi anggaran gak bisa mencukupi semua. Meskipun sekarang berbayar, saya mendorong warga untuk menggunakan transportasi umum ya,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (29/5/2023).
Sebagai informasi, pemerintah memberlakukan sistem berbayar bagi pelajar-mahasiswa dan warga lansia Rp 2.000 per orang per 1 Juli 2023. Penumpang berkebutuhan khusus tetap gratis. Bagi masyarakat umum tarif BST Rp3.700 per orang. Tarif ini berlaku per 1 Januari 2023.
Gibran menjelaskan pemerintah mencabut subsidi gratis layanan BST bagi pelajar dan penumpang lansia karena sudah tidak ada anggaran untuk membayar beban operasional. Layanan gratis BST sudah lama dinikmati warga.
“Saya mohon maaf sebelumnya, kita sudah lama sekali gratis sudah saatnya membayar. Subsidinya gede,” ujarnya.
Kasubdit Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Tonny Agus Setiono, menjelaskan okupansi Kota Solo terkait pengguna sepeda motor yang beralih ke angkutan umum bus pada program BTS mencapai 77% pada 2022. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan nasional yang hanya 62%.
Laman Kemenhub menjelaskan layanan BTS semula diberlakukan di Kota Medan, Solo, Denpasar, Yogyakarta, dan Palembang. Layanan itu diperluas pada 2022 ke wilayah di Kota Bandung, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Banyumas.
Sementara itu, Dishub Solo mencatat jumlah penumpang BST sebanyak 3.465 orang penumpang berkebutuhan khusus selama April 2023.
Berikut perincian jumlah penumpang:
Koridor 1 1.213 penumpang
Koridor 2 369 penumpang
Koridor 3 717 penumpang
Koridor 4 446 penumpang
Koridor 5 486 penumpang
Koridor 6 234 penumpang
Sedangkan rekapitulasi penumpang berkebutuhan khusus layanan feeder BST Januari sampai Mei 2023 sebagai berikut
Koridor VII 1.325 penumpang
Koridor VIII 865 penumpang
Koridor IX 943 penumpang
Koridor X 1.489 penumpang
Koridor XI 2.223 penumpang
Koridor XII 819 penumpang
Sumber: Dinas Perhubungan Solo (Yup)