Esposin, SOLO—PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah meluncurkan BNI Xpora di Jakarta pada 21 Oktober lalu.
Promosi Berbagai Program BRI untuk Mendukung Net Zero Emission di 2050
BNI berupaya mendorong peningkatan kelas pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan besar sehingga masuk dalam rantai pasar global.
BNI Xpora dapat diakses para pelaku UKM di seluruh Indonesia bahkan diaspora di mancanegara melalui digital platform yakni situs Xpora.id. Lewat BNI Xpora diharapkan menjadi sarana business matching perusahaan berorientasi ekspor di Tanah Air dengan para buyer maupun investor dari luar negeri.
Lantas apa saja layanan digital dalam BNI Xpora? Para pelaku UKM bakal mendapat pendampingan agar lebih produktif atau Go Productive, meningkatkan literasi, inklusi, dan kapabilitas digital atau Go Digital, serta mampu mengembangkan usahanya hingga menembus pasar global atau Go Global. “Ada beragam tools digital guna menunjang ekspansi bisnis untuk memperluas pangsa pasar luar negeri. Bahkan, BNI berupaya membantu solusi pendanaan bagi para pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnis dalam pasar global,” kata Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).
Para pelaku UKM bisa menjelajahi beragam produk yang paling diminati baik pasar lokal maupun internasional. Misalnya, tekstil, pertanian dan makanan, hingga mebel kayu. Hal ini sangat berguna sebagai bahan referensi dalam melakukan ekspansi bisnis menuju pasar global.
Para pelaku UKM tak perlu khawatir belum menguasai kecanggihan teknologi guna mengembangkan bisnis. Lewat BNI Xpora, mereka bisa belajar bisnis untuk meningkatkan wawasan digitalisasi bisnis. Beragam pelatihan dan event digelar untuk memperkaya ilmu dan wawasan bisnis. “Kunci keberhasilan pelaku ekspor adalah adaptif dan kolaboratif. Para pelaku UKM harus bisa beradaptasi di era globalisasi dan bekerjasama dengan lembaga atau perusahaan terakit,” ujar dia.
Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program Solopos Media Group yang didukung oleh BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, dan XL Axiata. Tim ekspedisi mengunjungi lima kota yakni Solo, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.
https://www.youtube.com/watch?v=F7s0pKH1vYU