Esposin, SOLO— Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Solo terdampak akibat adanya gangguan sistem layanan BPJS Kesehatan, Senin (13/5/2024) pagi. Pasien BPJS harus menuggu lebih lama di sejumlah RS di Solo
Manajer Humas dan Pemasaran RS Kasih Ibu Solo, Divan Fernandes, mengatakan layanan RS Kasih Ibu terdampak akibat jaringan BPJS Kesehatan eror. Kondisi itu berdampak kepada pasien.
Promosi Berkat Pemberdayaan BRI, UMKM Ini Optimalkan Produk Bambu hingga Mancanegara
“Layanan lumayan terdampak, pasien jadi harus menunggu lebih lama,” jelas dia melalui Whatsapp kepada Esposin, Senin (13/5/2024) siang.
Divan menjelaskan sebelumnya sudah ada pemberitahuan dari BPJS akan adanya gangguan. Tindaklanjutnya berupa komunikasi terus dengan petugas BPJS.
“Kami berkoordinasi agar semua pasien tetap dapat segera dilayani,” ungkap dia.
Terpisah, Direktur RSUD Bung Karno Kota Solo, Sri Rahayu Susilowati, mengatakan jaringan BPJS Kesehatan eror sejak Senin pagi. Pasien terlayani dengan sistem manual.
“Pasien terlayani dengan baik karena sistem langsung kami alihkan ke manual. Teman-teman resepsionis dan Satpam membantu mengupayakan antrean rumah sakit secepatnya,” ungkap dia.
Namun, kata dia, masih ada pekerjaan administrasi yang tertunda karena sistem informasi RS tidak langsung terkoneksi dengan sistem BPJS. Pekerjaan administrasi akan dilakukan setelah sistem BPJS pulih.
“Kalau eror itu sepertinya tidak hanya sekali dua kali, sudah beberapa kali. Biasanya setelah libur seperti itu,” papar dia.
Yayuk, sapaan akrabnya, mengatakan biasanya RSUD Bung Karno Kota Solo berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan melalui grup Telegram. Biasanya BPJS Kesehatan menindaklanjuti secara cepat.
Adapun sistem layanan BPJS Kesehatan disebutkan mengalami gangguan secara nasional. Gangguan sistem menjadi keluhan di media sosial X, Senin (13/5/2024) pagi.
Salah satunya akun @dokterbaik_com, menjelaskan kerap gangguan pada sistem BPJS Kesehatan setiap Senin pagi. Fasilitas pelayanan kesehatan yang kerap mendapatkan komplain dari pasien.
Kicauan gangguan sistem BPJS Kesehatan ini juga disampaikan oleh akun bercentang biru lainnya @DrEvaChaniago. Dia mmenjelaskan kadang gangguan terjadi secara nasional. Dia meminta pelayanan tetap diberikan kepada pasien tanpa harus menunggu jaringan normal.
“Entah apa bentuknya, yang penting pasien terlayani, klaim tagihan ke BPJS juga dibayar sehingga RS tidak rugi. Pasien sudah banyak yang datang dari subuh, terutama lansia yang karena ketidakpahamannya tidak bisa daftar online sebelumnya,” ungkap dia.