Esposin, SRAGEN — Dua Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN di wilayah Sumberlawang dan Sragen Kota, Kabupaten Sragen meluncurkan inovasi baru menjelangkan peringatan Hari Listrik pada Oktober 2021 ini.
ULP PLN Sumberlawang melakukan pendampingan Desa Wisata Krikilan, Kalijambe, Sragen, sebagai pilot project dalam pengembangan pariwisata. Sementara ULP PLN Sragen Kota mengopatimalkan aplikasi New PLN Mobile dengan fitur sederhana dan memudahkan layanan kepada pelanggan.
Manajer ULP PLN Sumberlawang, Muhdam Azhar, menyampaikan program yang akan mereka galakkan adalah electrifying agriculture di Desa Wisata Krikilan. Lewat program tersebut desa wisata yang menjadi binaan PLN lebih eksis. Bentuk programnya, kata dia, masih dibahas di PLN pusat.
Baca Juga: Bukan Dikasih Palang Pintu, PT KAI Ingin Perlintasan Bedowo Ditutup
Manajer ULP PLN Sragen Kota, Mahfud Sungadi, menyampaikan pihaknya lebih mengoptimalkan layanan aplikasi New PLN Mobile. Dengan aplikasi ini pelanggan lebih mudah mengakses layanan PLN. Aplikasi ini bisa diunduh dari Playstore Android.
“Jadi dengan satu genggam itu, masyarakat bisa melakukan baca meter mandiri, pelaporan gangguan, pelaporan keluhan, daftar pasang baru, tambah daya, dan daftar Iconet. Bahkan bagi masyarakat yang memiliki sepeda listrik bisa mengisi daya lewat PLN mobile itu. Aplikasi itu sudah diterapkan di seluruh Indonesia dan benar-benar membantu masyarakat,” kata Mahfud.
Baca Juga: Night Market Sukowati Sragen akan Dijadikan Lokasi Vaksinasi Covid-19
“Para kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa menjadi tujuan warga yang menyampaikan aspirasi. Kami sosialisasi berkesinambungan. Warga yang belum mengenal ponsel bisa melapor ke desa,” jelasnya.
Dengan New PLN Mobile, kata Mahfud, pelayanan dan respons masyarakat lebih aktif karena lebih banyak laporan gangguan dengan cara datang langsung ke PLN terdekat. Dia mengatakan aplikas iini memudahkan masyarakat dan tokonya dibuka selama 24 jam.